PAN Desak Revisi Daftar Caleg Lampung

Author: msbriziks@yahoo.co.id // Category:
Kapanlagi.com - Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) mendesak dan minta agar Pengurus DPW PAN Provinsi Lampung segera merevisi daftar calon legislatif (Caleg) untuk DPRD Lampung pada Pemilu 2009.

Sikap DPP PAN disampaikan dalam pertemuan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir didampingi Sekjen DPP PAN Zulkifli Hasan dengan jajaran Pengurus DPW PAN Lampung, di Bandarlampung, Sabtu (23/8) malam.

Pernyataan itu terkait daftar Caleg yang telah diajukan ke KPUD setempat dinilai belum sesuai mekanisme partai sehingga memicu protes pengurus dan kader PAN di Lampung.

Sikap DPP PAN didukung sejumlah pengurus dan kader PAN Lampung yang keberatan. Mereka tetap mengharapkan agar revisi Caleg itu benar-benar dapat diputuskan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku di partai.

Revisi itu, menurut informasi sejumlah Pengurus PAN Lampung, masih akan dibahas lebih lanjut melalui rapat pleno pada Selasa (26/8).

Keputusan DPP PAN untuk mengakomodasi protes yang telah memicu mosi tidak percaya sejumlah pengurus DPC PAN kabupaten/kota di Lampung terhadap kepemimpinan Ketua DPW PAN Lampung Abdullah Fadri Auly.

Pengurus DPW PAN Lampung dinilai sejumlah pengurus lain dan kader partai itu, telah menyalahi mekanisme dan kesepakatan partai dalam menentukan daftar Caleg untuk DPRD Lampung pada Pemilu 2009.

Penentuan daftar Caleg dipersoalkan, antara lain karena tidak melalui pembahasan antar pengurus sebagaimana mestinya. Selain itu, belum disertai pernyataan kesepakatan calon mundur kalau tidak meraih suara terbanyak walaupun berada pada nomor urut jadi.

Akibatnya saat penyerahan daftar Caleg ke KPUD Lampung, beberapa hari lalu, sejumlah pengurus dan kader PAN Lampung justru keberatan dan sempat terjadi tarik-menarik sehingga nyaris melewati batas waktu penyerahan.

Hal itu kemudian memicu protes dan mosi tidak percaya pada kepemimpinan Abdullah Fadri Auly dan Sekretaris DPW PAN Azwir Amir Siaru.

Ketua DPW PAN Lampung Abdullah Fadri Auly belum dapat dikonfirmasi berkaitan dengan konflik internal di partai itu.

Soetrisno Bachir dan Zulkifli Hasan, selama beberapa hari berada di Lampung, selain mengikuti peringatan HUT PAN Kota Bandarlampung, juga untuk mendukung pasangan Zulkifli Anwar-Akhmadi Sumaryanto sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung 2009-2014. Pasangan ini diusung koalisi PAN-PKS untuk mengikuti pemungutan suara pada 3 September 2008.

Pada Minggu (24/8), Soetrisno Bachir dan rombongan DPP PAN, termasuk sejumlah artis menghadiri kampanye pasangan Zulkifli-Akhmadi di Kabupaten Lampung Utara. (kpl/rif)

0 Responses to "PAN Desak Revisi Daftar Caleg Lampung"

Poskan Komentar